KATA PENGANTAR
Segala Puji bagi Allah Yang Maha Kuasa,
karena dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini, kami
dapat berkiprah mencurahkan segenap kemampuan yang ada dalam bidang pelayanan
kesehatan untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan terutama kalangan
tenaga kerja yang merupakan asset paling berharga bagi perusahaan.
Segala
usaha dan langkah yang kami lakukan tersebut, sebagai perwujudan dari kepedulian
kami dalam program Pelaksanaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan yang merupakan
alternatif tepat untuk mencapai peningkatan produktivitas perusahaan, baik
sudut kwalitas maupun kwantitas.
Program
yang kami selenggarakan ini secara garis besar akan terdeskripsi melalui
proposal yang telah dibukukan sebagai pedoman untuk mempermudah terjalinnya
sikap mutualisme antara kami dengan berbagai kalangan masyarakat, baik menengah
ke bawah maupun menengah ke atas terutama kalangan tenaga kerja di berbagai
perusahaan, baik pemerintah maupun swasta.
Semoga
proyek proposal ini akan memberikan informasi yang lebih jelas, kualified dan
akurat, sehingga semua pihak yang mendapat pelayanan kami sesuai dengan layanan
yang memuaskan menurut standard yang telah ditetapkan.
Cikampek,
Juli 2012
Pimpinan,
Dr.
H. Ifran Havson HA, MARS
DESKRIPSI MENGENAI
KLINIK AQMA DAN PUTRA MEDIKA
Klinik
AQMA telah berdiri sejak tanggal 1 Agustus 1996 dan pada saat itu merupakan
Klinik pertama di sekitar wilayah Cikampek yang dilengkapi oleh Dokter Jaga
dengan layanan 24 jam.
Group Klinik AQMA/PUTRA MEDIKA terdiri dari :
Klinik
AQMA Cikampek
|
Jl. Stasiun
No. 93 Cikampek Telp/Fax. (0264) 310524
|
Klinik AQMA Plered
|
Jl. Anjun No. 96 Plered Pwk (0264) 270830
|
Klinik AQMA Purwakarta
|
Jl. Ibrahim Singadilaga No. 14 Pwk
(0264) 200377
|
Klinik Putra Medika Cikampek
|
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Sukaseuri
(0264) 301652
|
Fasilitas
pelayanan yang dimiliki pada perkembangan selanjutnya adalah sbb :
PRAKTEK
|
LOKASI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Dr. UMUM 24 JAM
|
«
|
«
|
«
|
«
|
«
|
POLI GIGI
|
«
|
«
|
«
|
||
RAWAT INAP
|
«
|
«
|
«
|
||
LABORATORIUM
|
«
|
||||
RONTGENT
|
«
|
«
|
«
|
||
MEDICAL CHECK UP
|
«
|
«
|
«
|
«
|
KODE LOKASI :
KLINIK AQMA :
1. Jl.Stasiun No.93 Cikampek (0264) 319307
2. Jl. Ibrahim Singadilaga No.14 Pwk (0264) 200377
3. Jl.Anjun No.96 Plered (0264) 270830
KLINIK AQMA PUTRA MEDIKA :
4.
Jl.Ir.Juanda No.19 Sukaseuri Cikampek (0264) 301652
mendapatkan pelayanan kesehatan sedini
mungkin, terutama para tenaga kerja di berbagai perusahaan.
Sejak
berdiri hingga saat ini, Group Klinik AQMA/PUTRA MEDIKA menjalankan Program
Pelaksanaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan terutama untuk kalangan tenaga kerja
di berbagai perusahaan pemerintah maupun swasta. Dan sebagai contoh
perusahaan-perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Group Klinik AQMA/PUTRA MEDIKA antara lain :
1.
PT. Texmaco Group Karawang
(PT. TPE, PT. TJ, PT. PEP)
2.
PT. Karya Yasantara Cakti
3.
PT. Samwha Indonesia
4.
PT. Pepsi Cola Indobeverages
5.
PT. PT. Sumi Rubber Indonesia
6.
PT. Asahimas Flat Glass Tbk.
7.
PT. Indofood Sukses Makmur
8.
PT. Strawin
9.
PT. Indomarco
10. PT.
Kujang United Catalysts
11. PT.
Megayaku Kemasan Perdana
12. PT.
Showa Aluminum
13. PT.
Peroksida Indonesia Pratama
14. PT.
Kimia Farma
15. PT.
PLN Pemeliharaan Cirata
16. PT.
PLN Pembangkitan Cirata
17. Hotel
Radisson
18. Hotel
Prime Inn
19. PT.
Sintas Kurama Perdana
20. PT.
Nichias Rock Wool
21. Yayasan
Hari Tua Karyawan Pupuk Kujang
22. PT.
Cipta Kemas Abadi
23. PT.
Clama Indonesia
24. PT.
Indorama
25. PT.
South Pasific Viscose
26. PT.
Asuransi Tugu Mandiri
27. PT.
PLN P3B
28. PT.
Knauf Gypsum
29.
Koperasi Karyawan PLN Sektor Cirata
30. PT. Gajah Tunggal Petrochem
31.
PT. Pirelli Cables
32.
PT. Kuniseal Nusantara
Pelayanan pemeliharaan kesehatan yang dijalankan oleh Group Klinik
AQMA/PUTRA MEDIKA bersifat komprehensif, yaitu meliputi Pelayanan Peningkatan
Kesehatan (Promotif), Pencegahan Penyakit
( Preventif ), Penyembuhan Penyakit ( Kuratif ) serta
Pemulihan Kesehatan
(Rehabilitatif), dan pada saat ini sudah dilengkapi fasilitas rawat inap yang
nyaman dan memadai dalam gedung lantai dua yang dibagi menjadi tiga kelas
(Kelas I s.d. Kelas III) termasuk fasilitas laboratorium dan rontgen dengan
plafond biaya yang terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.
Selain dari itu, untuk memperluas jangkauan pelayanan dan
peningkatan kwalitasnya, Group Klinik AQMA/PUTRA MEDIKA sudah menjadi Provider dari PT. ASURANSI BNI
LIFE, MEGA INSURANCE, LIPPO GENERAL INSURANCE, ABDA INSURANCE, ASURANSI
RELLIANCE, TMS HEALTHCARE, TUGU MANDIRI, PT. SIMAS, PT. AJ. BDNI LIFE dan
beberapa Asuransi lainnya.
Dalam perkembangan selanjutnya, Group Klinik AQMA/PUTRA MEDIKA akan berusaha memperluas
jaringan pelayanannya melalui kerjasama dengan berbagai Perusahaan Jasa
Asuransi lainya dengan keikutsertaan Group Klinik AQMA/PUTRA MEDIKA menjadi
Provider dari berbagai Perusahaan Jasa Asuransi
yang ada, sehingga dapat mempermudah pula terjalinnya kerjasama dengan
berbagai Perusahaan yang memerlukan Jasa Pelayanan Kesehatan/Pengobatan bagi
para Karyawannya.
I.
PENDAHULUAN
Pemerintah hingga saat ini terus-menerus
berusaha mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas kerja setiap sisi kehidupan
bermasyarakat terutama menyangkut produktifitas usaha, baik yang bergerak
secara individu maupun kelompok, agar mencapai titik kulminasi pemanfaatan
potensi, baik sumber daya alam maupun manusianya sebagai pelaku utama yang akan
menentukan laju/gerak pertumbuhan berbagai bidang kehidupan.
Berdasarkan
kenyataannya, tanpa keikutsertaan masyarakat secara umum, usaha pemerintah
tersebut tentunya hanyalah sebuah fatamorgana, apalagi jika tidak terjalinnya
hubungan yang baik antara kedua belah pihak.
Salah
satu upaya pemerintah untuk hal tersebut di atas adalah dalam bentuk
perlindungan, pemeliharaan dan peningkatan kesejahteraan bagi tenaga kerja yang
diselenggarakan dalam bentuk Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.
Namun
upaya tersebut mengalami kendala, di saat kebutuhan masyarakat sangat mendesak
karena tingkat populasi dan pembangunan pabrik-pabrik semakin banyak dan
meningkat, sehingga diperlukan partisipasi yang real dari masyarakat dalam
membantu terlaksananya program pemerintah tersebut.
Salah
satu partisipasi yang diharapkan adalah beroperasinya Klinik Kesehatan di
berbagai tempat walau ternyata para pelaksana/penyelenggara kesehatan tersebut
masih sangat sedikit terutama adanya Dokter Jaga yang melayani masyarakat
selama 24 jam.
Oleh
karena itulah, pada tanggal 1 Agustus 1996, dibukalah Kinik AQMA yang merupakan
Klinik pertama di Cikampek saat itu yang team pelaksananya dilengkapi Dokter
Jaga 24 jam. Klinik tersebut senantiasa melayani masyarakat menengah ke bawah
dan menengah ke atas.
II.
TUJUAN
1.1.
Tujuan Umum
Memberikan
perlindungan dan pemeliharaan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bentuk
Program Pemeliharaan Kesehatan khususnya bagi para tenaga
kerja di berbagai
perusahaan swasta dan
pemerintah, dan umumnya masyarakat
secara keseluruhan, baik menengah ke bawah maupun menengah ke atas.
1.2.
Tujuan Khusus
Memberikan
pelayanan kepada para tenaga kerja khususnya dan umumnya masyarakat luas, baik menengah ke bawah maupun menengah
ke atas guna peningkatan kesehatan
(promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) serta pemulihan kesehatan (rehabilitatif) dalam rangka
peningkatan produktifitas, baik kwalitas maupun kwantitas.
III. FASILITAS YANG DIMILIKI
Fasilitas
yang dimiliki Klinik AQMA :
1.
Rawat Inap :
Kelas I s.d. III dengan daya tampung Maksimal 10 tempat tidur / klinik.
2.
Laboratorium :
·
Peralatan Test Darah Refroton/Komputer
·
Peralatan Pemeriksaan Darah Rutin
dan Urine Rutin
·
Peralatan Pemeriksaan/Test Kehamilan
·
Pemeriksaan/Lab. Untuk General Check Up
·
Dll
3.
Rontgen
4.
Ruangan tindakan yang memadai
5.
Ruangan Pemeriksaan yang nyaman,
dilengkapi AC dan Kipas Angin
6.
Obat-obatan yang lengkap
7.
Peralatan khusus untuk penanggulangan dan
pemeriksaan :
- a. Rawat Luka b. Bedah Minor c. Khitanan d. Ibu Hamil, dll
8.
Dokter siap panggil 24 jam
9.
Mobil Ambulance (Siap layanan 24 jam)
10. Ruang
tunggu yang nyaman
11. Apotik* dan instalasi obat yang siap melayani 24 jam
12. Ruang
Pemeriksaan/Pengobatan Gigi Oleh Dokter
Gigi.
13. Mushola
(NB. : * Apotik hanya di Klinik Purwakarta, Klinik cabang yang lain Instalasi Obat ( hanya mempergunakan obat-obatan untuk keperluan Klinik yang bersangkutan dan tidak menerima resep obat dari luar) )
IV. TENAGA PELAKSANA
Tenaga Pelaksana
terdiri dari para Dokter Lulusan UNPAD Bandung, UI Jakarta
dan UGM Yogyakarta. Paramedis yang berpegalaman dan terlatih serta staft-nya
yang terampil.
Semua Penanganan pemeriksaan dan tindakan dilakukan langsung
oleh Para Dokter yang siap 24 jam
Ø Nama-nama
Dokter Jaga 24 jam diKlinik AQMA Group
·
Klinik Aqma Cikampek:
1.
dr. H. Toto Sutopo, M. Kes
2.
dr. Dani Sadikin Gantana
3.
dr. Salim Rifki
4.
dr. Tirto Hartono
5.
dr. Kurniawan Wibowo
6.
Drg. Agus Fauzi
7.
Drg. Yul Novia
8.
Drg. Yani Yahya
·
Klinik Putra Medika Cikampek :
1.
dr.Abdul Kodir
2.
dr.Mohamad Ihsan
3. dr.Arry
3. dr.Arry
4.
drg. Dwi
5.
drg. Elah Nurlaelah
·
Klinik Aqma Purwakarta :
1.
dr. Wiwid Wardiah, M. Kes
2.
dr. Sam Askari Sumadipraja, M. Kes
3.
dr. Genis Ginanjar
4.
drg. Dessy Prihastuti
5.
drg. Suci Kesuma Wardhani
·
Klinik Aqma Plered :
1.
dr. Sudirman
2.
dr. Astrigiet Rosida
3.
dr. Sofia
V.
CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN
Cakupan pelayanan
kesehatan meliputi :
1.
Pemeriksaan dan Pengobatan oleh Dokter Umum
2. Pemeriksaan dan Pengobatan Gigi oleh Dokter
Gigi
3.
Tindakan Medis :
3.1.
Pembersihan luka-luka, balut, dll
3.2.
Bedah Minor
4.
Pemberian obat-obatan/resep obat sesuai
dengan kebutuhan medis dengan dasar DOEN Plus, generik dan standar obat Jaminan
Pemeliharaan Kesehatan.
5.
Pelayanan Keluarga Berencana (IUD, Kondom.
Pil dan Suntik)
6.
Pelayanan KIA termasuk pemeriksaan ibu
hamil, pemeriksaan bayi/anak balita dan pemberian immunisasi dasar (BCG, Polio,
Campak dan Hepatitis)
7.
Khitanan
8.
Konsultasi Kesehatan
9.
Pelayanan Gawat Darurat untuk keadaan :
a.
Kecelakaan
b.
Serangan Asthma Berat
c.
Kejang Demam
d.
Muntah Berak
e.
Ayan/Epilepsi
f.
Colic Abdominal, dll
Semua ini melalui pelayanan :
a.
Pemeriksaan dan Pengobatan
b.
Tindakan
Medis sesuai dengan kebutuhan
c.
Rawat Inap
d.
Pelayanan rujukan ke tingkat lanjutan
(rumah sakit)
10. Medical
Check Up
Medical Check Up
dilengkapi dengan 1 (satu) unit kendaraan (Unit Car Medis) sehingga bisa datang
ke tempat pelanggan.
IV.
PERKEMBANGAN KLINIK AQMA
(Berdasarkan Rata-rata
Kunjungan Pasien Ke Klinik AQMA / PUTRA MEDIKA enam tahun terakhir ).
6.1 Data Perkembangan Kunjungan Pasien
NO.
|
TAHUN
|
JUMLAH
PASIEN RATA-RATA/BULAN
|
1
|
2006
|
12.050
Orang
|
2
|
2007
|
13.075
Orang
|
3
|
2008
|
13.150
Orang
|
4
|
2009
|
13.225
Orang
|
5
|
2010
|
14.750 Orang
|
6
|
2011
|
15.025 Orang
|
6.2 Grafik Perkembangan Pasien/Tahun
IV. SISTEM KERJASAMA UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN
7.1. Sistem Kerjasama meliputi :
a.
Pemeriksaan dan Pengobatan (Rawat Jalan)
b.
Pelayanan Rawat Inap
c.
Medical Check Up
7.2. Plafond Biaya Pemeriksaan dan Pengobatan
Umum
a. Biaya Pemeriksaan Dokter Umum dan Biaya Pemeriksaan Dokter Gigi
b.
Biaya Pengobatan (Pada
dasarnya tergantung jenis dan banyaknya obat yang diberikan,baik generic maupun
paten dengan harga yang relatif lebih murah karena sumber obat langsung dari
PBF (Pedagang Besar Farmasi) ) dengan tingkat penerapan kuratif yang lebih
akurat dan cepat terhadap kesembuhan pasien (hal ini salah satunya diukur oleh
banyaknya Perusahaan yang telah bekerjasama dan intensitas kunjungan Pasien
yang tinggi.
7.3.
Flafond Biaya Khusus Beserta Aneka Tindakan Medis (*harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu dapat berubah)
No.
|
Tindakan
|
Tarif
(Rp)
|
1
|
PEMERIKSAAN DOKTER UMUM + OBAT
|
terbaru
|
2
|
INCISI ABSES < 3 CM
|
terbaru
|
3
|
INCISI ABSES > 3 CM
|
terbaru
|
5
|
ANGKAT CORPUS ALIENEUM HIDUNG
|
terbaru
|
6
|
ANGKAT CORPUS ALIENEUM TELINGA
|
terbaru
|
7
|
EKSTRASI KUKU
|
terbaru
|
8
|
GANTI BALUTAN BESAR
|
terbaru
|
9
|
GANTI BALUTAN KECIL
|
terbaru
|
10
|
HECHTING PER-JAHITAN
|
terbaru
|
11
|
PASANG KATETHER
|
terbaru
|
13
|
ANGKAT KATETHER
|
terbaru
|
14
|
NECROTOMI
|
terbaru
|
15
|
SPOOLING TELINGA
|
terbaru
|
16
|
Angkat jahitan, Perjahitan
|
terbaru
|
17
|
Circumsisi, Anak-anak ( 5
s/d 10 Tahun )
|
terbaru
|
18
|
Circumsisi, Dewasa (
Diatas 10 Tahun )
|
terbaru
|
19
|
Circumsisi, Khitanan
Massal ( > 10 Orang )
|
terbaru
|
21
|
Ekstraksi, Excisi, 1
(satu) tumor ( Lypoma / Atheroma/Ganglion )
|
terbaru
|
22
|
Ekstraksi, Excisi, 2 (
dua ) Tumor ( Lypoma / Atheroma / Ganglion )
|
terbaru
|
23
|
Ekstraksi, Serumen , 1 (
satu ) Telinga
|
terbaru
|
24
|
Ekstraksi, Serumen , 2 (
dua ) Telinga
|
terbaru
|
25
|
Luka Bakar, Golongan IA (
< 10 % / Grade 1 )
|
terbaru
|
26
|
Luka Bakar, Golongan IB (
> 10 % / Grade 1 )
|
terbaru
|
28
|
Luka Bakar, Golongan II (
10 - 20 % / Grade 2 )
|
terbaru
|
29
|
Luka Bakar, Golongan III
( 20 - 30 % / Grade 3 )
|
terbaru
|
30
|
Luka Bakar, Golongan IV (
30 - 40 % / Grade 4 )
|
terbaru
|
31
|
Luka Bakar, L u a s
|
terbaru
|
32
|
Nebulizer / Inhalasi (
Pasang )
|
terbaru
|
33
|
NGT, A n a k
|
terbaru
|
34
|
NGT, D e w a s a
|
terbaru
|
36
|
Verband, Luka Besarl ( f
> 10 Cm ) & Multiple
|
terbaru
|
37
|
Verband, Luka Kecil ( f
< 5 Cm ) **)
|
terbaru
|
38
|
Verband, Luka Sedangl ( f
< s/d 10 Cm )
|
terbaru
|
39
|
Verband, Post APP
|
terbaru
|
40
|
Verband, Post SC
|
terbaru
|
41
|
Jasa O2/Jam]
|
terbaru
|
42
|
Observasi 1 - 5 jam
|
terbaru
|
44
|
Observasi 5 - 12 jam
|
terbaru
|
45
|
Observasi > 12 jam
|
terbaru
|
** Untuk Konfirmasi harga terbaru dapat hubungi :
drs.H. Iswadi HA ( Ka. Marketing ) 0812 8711 8396
Agus Yulianto SE.,( Staff.Marketing ) 0812 8301 3588 / 0812 8687 1972